Bentuk dan Jenis Nasionalisme

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memelihara rasa kebangsaannya tanpa mengganggu atau bahkan merusak kedaulatan bangsa lain. Jika semua negara di dunia menerapkan nasionalisme dengan baik, perdamaian dunia akan mudah terwujud.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memelihara rasa kebangsaannya tanpa mengganggu atau bahkan merusak kedaulatan bangsa lain. Jika semua negara di dunia menerapkan nasionalisme dengan baik, perdamaian dunia akan mudah terwujud.

-

Jenis dan Bentuk Nasionalisme

 

Artikel ini menjelaskan secara ringkas tentang jenis dan bentuk-bentuk nasionalisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran akan paham nasional ini, akan semakin mudah pula mereka untuk bersatu. Karena perbedaan yang ada pada nyatanya tidak membuat kita dengan yang lainnya menjadi semakin jauh, justru menjadikan kita semakin dekat antar satu sama lain. Tidak memandang perbedaan budaya, adat, agama, dan lain sebagainya semua bisa disatukan asal semua masyarakat Indonesia memiliki keinginan yang sama, yaitu keinginan untuk bersatu. Secara umum, nasionalisme ini dibagi menjadi beberapa jenis. 

Nasionalisme Humaniter
Nasionalisme yang mendasarkan pandangannya bahwa setiap bangsa berhak memperjuangkan kesejahteraan bangsanya berdasarkan caranya sendiri.

Nasionalisme Jacobin
Nasionalisme yang demokratis, tetapi doktriner dan fanatis terhadap bangsa lain.

Nasionalisme Tradisional
Nasionalisme yang menekankan keunikan setiap bangsa dan mempertahankan tradisi dan sejarahnya.

Nasionalisme Liberal
Nasionalisme yang menekankan pentingnya dunia berpegang pada prinsip bahwa setiap bangsa berhak menentukan nasibnya sendiri.

Nasionalisme Integral
Nasionalisme yang menekankan kepentingan nasional di atas kepentingan individu. Berdasarkan prinsip tersebut semua warga negara harus sepenuhnya setia pada negara.

tribunnewswiki.com

Nasionalisme bisa membantu meningkatkan rasa cinta terhadap negaranya sendiri. Sifat nasionalisme ini memiliki beberapa bentuk, yaitu nasionalisme kewarganegaraan, nasionalisme romantik atau organik atau identitas, nasionalisme budaya, nasionalisme etnis, nasionalisme agama dan nasionalisme kenegaraan. Berikut penjelasan tentang bentuk nasionalisme:

Nasionalisme Kewarganegaraan (Nasionalisme Sipil)

Nasionalisme saat negara memperoleh kebenaran politik dari penyertaan aktif rakyatnya, kehendak rakyat, atau perwakilan politik.

Nasionalisme Etnis

Sejenis semangat kebangsaan saat negara memperoleh kebenaran politik dari budaya asat atau etnis sebuah masyarakat.

Nasionalisme Romantik/Organik/Identitas

Negara memperoleh kebenaran politik secara semula jadi (organik) hasil dari bangsa atau ras menurut semangat romantisme.

Nasionalisme Budaya

Bentuk nasionalisme saat negara memperoleh kebenaran politik dari budaya bersama dan bukannya “sifat keturunan” seperti warna kulit, ras, dan sebagainya.

Nasionalisme Kenegaraan

Variasi nasionalisme kewarganegaraan selalu digabungkan dengan nasionalisme etnis. Perasaan nasionalistis adalah kuat sehingga diberi keutamaan mengatasi hak universal dan kebebasan.

Nasionalisme Agama
Bentuk nasionalisme saat negara memperoleh legitimasi politik dari persamaan agama.

 

Itulah penjelasan singkat mengenai jenis dan bentuk-bentuk nasionalisme. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan sobat SMART.Masih banyak materi yang bisa kamu dapatkan di smartcpns.id, yuk gabung!

 

Sumber : 
Khalimatussa'diyah, S. (2022). Paket Paten Kisi-Kisi Resmi Terkini CPNS PPPK 2022-2023. Yogyakarta: Arruz Media


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan