Cinta Tanah Air

Perwujudan cinta tanah air tidak harus sama di setiap zaman, tidak harus sama di setiap insan, tidak harus sama dalam tantangan. Yang harus sama adalah adanya kebaikan yang dihadirkan.

Perwujudan cinta tanah air tidak harus sama di setiap zaman, tidak harus sama di setiap insan, tidak harus sama dalam tantangan. Yang harus sama adalah adanya kebaikan yang dihadirkan.

-

Cinta Tanah Air

 

Menurut Suyadi, cinta tanah air merupakan sikap dan perilaku yang mencerminkan rasa bangsa, setia, peduli, dan penghargaan yang tinggi terhadap sosial, buday, ekonomi, serta bahasa sehingga tidak akan tergiur terhadap tawaran bangsa lain yang akan merugikan bangsa sendiri. Menurut pernyataan tersebut, cinta tanah air merupakan bentuk kasih saying suatu cinta terhadap tempat kelahirannya yang timbul dalam diri seseorang sebagai warga negara yang mengabdi, membela, memelihara, serta melindungi tanah airnya dari berbagai bentuk ancaman yang akan merugikan tanah airnya.

Cinta tanah air merupakan suatu kebanggaan menjadi warga yang memiliki nilai Pancasila dalam kehidupannya , banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan rasa cinta kepada tanah air, yaitu dengan bangga dan bernegara Indonesia, mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, memperkuat sendi-sendi persatuan dan kesatuan bangsa, melestarikan budaya, mempelajari sejarah, maupun perjuangan para pahlawan.

Perwujudan cinta tanah air bisa dengan menghormati upacara bendera, menghormati simbol negara, membela serta rela berkorban demi bangsa dan tanah air. Seperti pula yang pernah dikatakan Akhmad Muhaimin, di mana seseorang yang bisa menghargai karya seni dan budaya biasanya mempunyai sikap menghargai karya orang lain, mempunyai kesabaran dalam berproses, juga memiliki kebijaksanaan dalam hidup. Hal tersebut dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air seseorang terhadap bangsa sehingga tumbuh pula rasa nasionalisme.

 

Sumber : 

Faiz, P. A. (2022). Privat Al Faiz Sukses SKD CPNS 2023. Jakarta: PT KAWAHmedia

Akhirin, M. R. (2023). Mengekspresikan Diri, Mencintai Tanah Air, dan Melanjutkan Untaian Cita-Cita untuk Kemajuan BangsaDiakses pada tanggal 22 Agustus 2023 melalui https://blog.ecampuz.com/opini-mengekspresikan-diri-mencintai-tanah-air/


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan