Materi SKD-TIU Statistika

Statistika adalah ilmu yang membahas tentang pengelolaan data. Materi ini juga termasuk dalam tes SKD-TIU Kedinasan maupun CPNS hlo. Yuk kita pelajari bersama!

Statistika adalah ilmu yang membahas tentang pengelolaan data. Materi ini juga termasuk dalam tes SKD-TIU Kedinasan maupun CPNS hlo. Yuk kita pelajari bersama!

-

Materi statistiika yang muncul pada tes SKD-TIU CPNS maupun kedinasan bukanlah soal statistika yang rumit. Namun meskipun begitu, ketidakpahaman terhadap materi ini akan membuat bingung saat akan menyelesaikan soal. Hal ini dikarenakan, seringkali soal berupa soal cerita yang membutuhkan kecermatan dalam mengaitkan dengan materi konsep statistika. Materi statistika tersebut diantaranya adalah :

Rata-Rata (Mean)

Rata-rata adalah pemusatan data dengan cara membagi jumlah data dengan banyak data:

small

Contoh soal: 

Setiap hari Randi mendapat uang saku yang berbeda-beda banyaknya. Uang saku hari Senin dan Selasa jumlahnya Rp 25.000, Hari Rabu hingga Jumat jumlahnya Rp 34.000. Hari Sabtu mendapat Rp 8.000 dan hari Minggu mendapat Rp 10.000. Rata-rata uang saku Randi adalah …

small
small

 

Rata-Rata Gabungan

Rata-rata gabungan adalah rata-rata dari dua kelompok data atau lebih.

small

Contoh soal:

Rata-rata nilai matematika siswa kelas A adalah 68 sedangkan rata-rata nilai matematika siswa kelas B adalah 74. Jika jumlah siswa kelas A dan B berturut-turut adalah 32 dan 33, maka rata-rata nilai matematika seluruh siswa kelas A dan B adalah … 

small
small

 

Median 

Median adalah pemusatan data dengan mengambil data tepat di tengah dari data-data yang sudah diurutkan. Misal banyak data = n dan maka median adalah:

small

 

Modus 

Modus adalah ukuran pemusatan data dengan mengambil data yang paling sering muncul, dengan kata lain data dengan frekuensi terbanyak.

Contoh soal:

Tentukan modus dari data penjualan es teh setiap harinya selama 10 hari berikut ini: 50, 55, 65, 70, 40, 50, 55, 50, 65, 50.

Jawab: angka yang paling sering muncul adalah 50 maka modus = 50

 

Itulah penjelasan mengenai statistika . Yang merupakan salah satu materi yang muncul di dalam tes SKD CPNS maupun SKD Kedinasan. Yuk persiapkan diri untuk seleksi CPNS dan Kedinasan bersama smartcpns.id. Semoga bermanfaat.

 


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan