Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Hai sobat Smart! Sudah tahu belum apa saja yang harus dipersiapkan untuk tes SKD CPNS Umum atau Kedinasan? Kalau belum yuk simak!

Hai sobat Smart! Sudah tahu belum apa saja yang harus dipersiapkan untuk tes SKD CPNS Umum atau Kedinasan? Kalau belum yuk simak!

-

Tes SKD CPNS Umum dan Kedinasan dibagi menjadi beberapa bagian soal, salah satunya adalah TWK, berikut penjelasannya :

Apa itu TWK? 

TWK merupakan kepanjangan dari Tes Wawasan Kewarganegaraan. TWK bertujuan untuk menilai kompetensi calon peserta didik dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi :

  1. Pancasila
  2. Undang Undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika, Integritas, Nasionalisme dan Bela Negara
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi Sistem Tata Negara Indonesia, baik pada pemerintahan pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, wawasan pengetahuan umum, peran Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar (EYD).

Bagaimana Pola Soal TWK?

TWK terdiri dari 30 soal. Tiap jawaban benar skor +5, jika jawaban salah/kosong maka mendapatkan skor 0. Nilai maksimal yang dapat diperoleh adalah 150. Nilai ambang batas yang harus kamu perolah adalah 65, jadi harus menjawab minimal 13 soal dengan jawaban benar.

Tips dan Trik !

Tes ini pada prinsipnya menekankan pada hafalan materi sejarah dan pengalaman serta implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mempelajari sejarah, kamu dapat mengurutkan secara kronologis setiap kejadian sejarah berdasarkan urutan waktunya sehingga setiap kejadian yang saling berkaitan dapat dengan mudah dihubungkan. Untuk kejadian atau peristiwa yang tidak ada kaitannya sama sekali, kamu dapat memisahkan kejadian tersebut dalam beberapa kotak sehingga dapat dengan mudah menghafalkannya.

Selain itu kamu juga harus tau hal baru tentang pemerintahan negara Indonesia terkini. Kamu bisa mulai mencari dan membuka buku buku mata pelajaran PKN dan Sejarah untuk mempersiapkan TWK! Semangat!


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan