SKB CPNS 2023

Kita butuh melewati beberapa tahapan-tahapan seleksi, mulai dari Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD ), Seleksi Kemampuan Bidang ( SKB ) hingga wawancara.
Sejauh ini, proses seleksi CPNS 2023 sudah memasuki tahap tes Seleksi Kempuan Bidang atau SKB.

Kita butuh melewati beberapa tahapan-tahapan seleksi, mulai dari Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD ), Seleksi Kemampuan Bidang ( SKB ) hingga wawancara. Sejauh ini, proses seleksi CPNS 2023 sudah memasuki tahap tes Seleksi Kempuan Bidang atau SKB.

-

Proses seleksi CPNS 2023 telah memasuki Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

SKB CPNS 2023 ini dibagi menjadi dua jenis yaitu menggunakan sistem metode Computer Assisted Test (CAT) dan non CAT.

Tes SKB dilakukan setelah Seleksi kompetensi Dasar (SKD) selesai dan pengumuman hasil pascasanggah SKD dirilis.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos, nantinya jadwal pelaksanaan tes SKB CAT dan non CAT pun berbeda-beda.

SKB non CAT akan berlangsung dari 3-22 Desember 2023, sementara untuk CAT pada 16-22 Desember 2023. Pengumuman hasil tes SKB CPNS dijadwalkan pada 5-12 Januari 2023.

Tes SKB merupakan tahap akhir seleksi CPNS 2023 sebelum integrasi nilai SKD dan SKB dilakukan pada 23 Desember 2023-4 Januari 2024.

 

Tes SKB CPNS 2023

Tes SKB adalah langkah kedua setelah peserta berhasil melewati SKD.

Tes ini menilai kompetensi bidang peserta, mencermati kebutuhan jabatan di instansi terkait.

Tes SKB bertujuan mengasah kemampuan dan keterampilan peserta setelah mendaftar CPNS 2023.

Perlu diperhatikan bahwa tes SKB Non CAT dan CAT memiliki perbedaan dalam materi ujian, disesuaikan dengan kebutuhan jabatan di instansi masing-masing. 

 

Diketahui, menurut Peraturan MenpanRB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan PNS, tes SKB merupakan seleksi untuk mengukur kemampuan dan karateristik dalam diri seseorang seperti pengetahuan, keterampilan, hingga perilaku dalam pelaksanaan tugas jabatan.

Kemudian pada Pasal 41 tertuliskan, bahwa tes SKB ini untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki peserta dengan standar bidang kebutuhan suatu jabatan.

 

Selain itu, ada juga bobot nilai tes SKB CAT CPNS 2023 ini.

SKB dengan sistem CAT memiliki  bobot paling rendah 50 persen dari nilai SKB secara keseluruhan, sedangkan untuk bobot paling tingginya 30 persen untuk jenis tes wawancara pada tes SKB.

Kemudian, nilai SKB dengan bobot paling tinggi 20 persen untuk jenis tes berupa penambahanj nilai dari sertifikat kompetensi.

Sementara itu, ada juga bobot penilaian SKB CPNS yang dilaksanakan instansi daerah adalah sebagai berikut:

SKB dengan sistem CAT merupakan nilai utama dengan bobot paling rendah 60 persen dan paling tinggi 40 persen dari nilai SKB secara keseluruhan.

Selanjutnya, hasil tes SKB dan SKD CPNS diintegrasikan dengan ketentuan sebagai berikut:

- SKD sebesar 40 persen.

- SKB sebesar 60 persen. 

 

Masih banyak info yang bisa kamu dapatkan di smartcpns.id, yuk gabung!

Sumber:
Stevani, E.G. (2023). Inilah Jadwal dan Lokasi SKB CPNS 2023 Sistem CAT Lengkap dengan Bobot Nilai hingga Ketentuannya diakses pada tanggal 12 Desember 2023 melalui https://jatim.tribunnews.com/2023/12/11/inilah-jadwal-dan-lokasi-skb-cpns-2023-sistem-cat-lengkap-dengan-bobot-nilai-hingga-ketentuannya?page=4


tag : bimbel online cpns, skd cpns, cpns semarang, bimbel cpns, persiapan skd cpns, persiapan cpns, bimbel kedinasan, bimbel stis, bimbel pkn stan, pkn stan, bimbel ipdn, ipdn, bimbel sipencatar, sipencatar, smart genius, smart genius indonesia, smartcpns, smart cpns, smartcpnsid, smartcpns.id, smarttaruna, smart taruna, smartstan, smart stan